Jumat, 08 Oktober 2010

Resensi Novel Perawan Surga

Dibuat dan di posting untuk memenuhi tugas dari Bu Heni :)




Judul Resensi : Dua Jalan Cinta Dominiq

Identitas novel

Judul buku : Perawan Surga
Pengarang : Laura Khalida
Penerbit : Hikmah (PT. Mizan Publika)
Tahun terbit : 2008
Cetakan : Cetakan I
Tebal buku : 302 halaman
Harga : Rp 49.000
ISBN : 978-979-114-181-9
Kategori : Novel Islam
Cover : Soft

RESENSI :

Laura Khalida adalah seorang penulis yang telah lama terjun di dunia sastra Indonesia. Karya-karyanya memikat dan berisi seputar konflik yang ada di masyarakat. Laura Khalida tak sebatas hanya ingin mendapatkan uang karena menulis. Ia juga menggunakannya sebagai alat dakwah kepada masyarakat. Dalam novel perawan surga ini, ia ingin mengungkapkan realita perpindahan keyakinan yang banyak terjadi di Indonesia yang didasari atas pernikahan.

Dominiq ingin masuk Islam. Namun, ia belum sanggup mengutarakan keinginannya pada keluarganya. Ia menyadari bahwa mereka akan kecewa pada dirinya. Terlebih lagi pada Riyo, kekasihnya. Dominiq pun memutuskan pergi ke Batam secara diam-diam menemui om dan tantenya. Di Batam, Tante Mary membimbing Dominiq hingga mengucapkan dua kalimat syahadat di sebuah Masjid di Batam. Sebuah kelegaan yang luar biasa dialami Dominiq setelah dirinya masuk Islam.

Tetapi, Dominiq masih harus menyelesaikan urusannya dengan keluarganya dan dengan Riyo mengenai dirinya yang kini seroang muslim. Awal tiba di Jakarta, Tristan sang adik dan Mamanya menanggapi keislamannya secara biasa. Tanpa menyudutkannya ataupun menyalahkannya. Namun, papa Dominiq serasa malah menjauhinya.

Di suatu malam, Dominiq dapat menyampaikan keislamannya pada Riyo. Riyo yang merasa sangat kecewa dan patah hati berupaya menawarkan pernikahan campur. Sebuah keputusan yang mempertaruhkan cinta dan keimannya harus diambil Dominiq. Namun, Dominiq menolak tawaran itu. Meskipun sebenarnya ia masih mencintai Riyo.

Ia pun akhirnya melakukan pelarian dengan cara menenggelamkan dirinya ke dalam kesibukan pekerjaannya. Tiba-tiba ia mendapat tawaran umroh dari Tante Mary. Tentu saja ia langsung menerima tawaran tersebut.

Beberapa bulan setelah menjalankan umroh, iman Dominiq mulai diuji kembali. Papanya ditahan karena terbukti melakukan penggelapan uang perusahaan. Semua barang berharga milik keluarga Dominiq disita, kecuali dua rumah kecil di sebuah kota di Jawa Barat. Tanpa diduga, Riyo ternyata masih peduli dengan keadaan Dominiq. Di saat Riyo mengajak Dominiq berbicara, Riyo mengungkapkan kekewaannya pada Dominiq. Ia kagum dengan ketegaran Dominiq atas keputusan yang diambilnya. Namun, ternyata dalam hati Dominiq menangis. Ingin sekali ia mengatakan pada Riyo bahwa Dominiq masih mencintainya seperti dulu. Dengan segala kekuatan yang masih ada, Dominiq bangkit dari semua keterpurukan yang menimpanya.

Pesan di dalam novel ini sangat bagus. Pantas dibaca oleh orang-orang yang sedang mengalami kebimbangan dalam permasalahan yang sama. Namun, penggambaran latar di dalam novel ini kurang kuat. Pembaca menjadi kurang menghayati suasana yang sebenarnya ingin diciptakan oleh sang penulis, yaitu Laura Khalida. Harga novel dinilai terlalu mahal, sehingga tidak terjangkau untuk semua kalangan.

Resensi juga bisa dilihat di blog pribadi :

http://hope-in-the-sky.blogspot.com/2010/10/resensi-novel-perawan-surga.html

0 komentar:

Posting Komentar